Assalamualaikum, Ahlan Wa Sahlan, Welcome, Sugeng Rawuh,Selamat Datang, Sumimasen, Kya halle, Lai La


Senin, Maret 17, 2008

Petir Solusi Untuk Krisis Energi


Beberapa hari yang lalu saya baru saja membaca artikel yang menurut saya sangat menarik. Artikel itu tanpa sengaja saya browsing dari situs www.harunyahya.com. Lengkapnya judul artikel tersebut adalah “KEKUATAN TERSEMBUNYI PETIR”.
Menarik karena artikel tersebut merupakan tulisan yang menelaah ayat Al-Quran QS. An-Nuur 24:42 yang kemudian dikomparisikan dengan fakta-fakta ilmiah.

Artikel ini menyebutkan fakta bahwa sebuah sambaran pertir berukuran rata-rata memeiliki energi yang dapat menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan. Sebuah sambaran kilat berukuran rata-rata mengandung kekuatan listrik sebesar 20.000 amp. Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik atau setengah kecepatan cahaya dan 100.000 kali lipat lebih cepat daripada suara.

Fakta lainnya adalah bahwea energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit listrik di Amerika. Suhu pada jalur dimana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat celcius. Suhu didalam tanur untuk meleburkan besi adalah antara 1.050 dan 1.100 derajat celcius. Panas yang dihasilkan oleh sambaran petir terkecil dapat mencapai 10 kali lipatnya. Cahaya yang dikeluarkan oleh satu petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt.

Mencermati fakta-fakta tentang petir tersebut, saya jadi teringat dengan masalah yang saat ini sedang dihadapi oleh bangsa kita dan dunia secara global. Krisis Energi! Persedian minyak mentah dunia yang semakin menipis telah membuat dunia ketar-ketir. Ga bisa dibayangkan jika hal tersebut benar-benar terjadi. Dunia kembali serasa berada dijaman batu! Sebenarnya telah banyak usaha-usaha yang dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut. Pembangkit Listrik Tenaga Air, Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, Pembangkit Listrik Tenaga Angin, telah banyak dibangun dan dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dunia. Lalu bagaimana dengan Petir?! Dengan potensi listrik begitu besar yang dimiliki petir apa kita tidak tidak berminat untuk mengolah dan memanfaatkannya? Bukankah negara kita negara yang kaya akan petir. Bahkan Kota Bogor merupakan kota didunia yang paling sering terjadi petir. Terlebih disaat kondisi dunia sudah sedikit kacau akibat global warming, dimana hampir setiap hujan bahkan tidak hujan saya melihat petir, tentu akan sangat menjanjikan bila kita memanfaatkan sebagian dari nikmat yang dikaruniakan Allah kepada bangsa kita salah satunya petir. Saya yakin bahwa petir bisa menjadi salah satu solusi dalam mengahadapi krisis energi yang saat ini melanda dunia. Semoga.

………….fabiayyi alai rabbikuma tukadziban (………..Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Qs. Ar-rahman 1-13)

Tidak ada komentar: